Soal Tragedi Bolingongot, Ini Penjelasan Polda Sulut 

Cahya Sumirat · Kamis, 30 September 2021 - 07:22:00 WITA
Soal Tragedi Bolingongot, Ini Penjelasan Polda Sulut 
Sebelum pemasangan patok batas wilayah masyarakat Desa Toruakat dikumpulkan di lapangan desa untuk diberikan arahan oleh Kabagops Polres Bolmong dan sangadi.(Foto: Humas)

MANADO, iNews.id – Aksi masyarakat Desa Toruakat di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Senin (27/09/2021) lalu menyisakan sisa perih. Bentrokan fisik pasca-pemasangan patok mengakibatkan satu korban meninggal dunia, serta empat lainnya luka-luka.

 “Sebelumnya pada Jum’at (24/09) siang, telah diadakan pertemuan antara Camat Dumoga, Kapolsek Dumoga Timur, Sangadi (Kepala Desa) dan masyarakat Desa Toruakat terkait rencana pemasangan patok batas wilayah di perkebunan Bolingongot oleh masyarakat Desa Toruakat,” ujar Kabid Humas Kombes Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast, Rabu (29/09) siang, di Mapolda Sulut.

Setelah pertemuan tersebut pihak Polres Bolmong melakukan upaya pendekatan terhadap perangkat Desa Toruakat dan korlap kegiatan aksi pemasangan patok.

“Disepakati masyarakat Desa Toruakat hanya akan melakukan pemasangan patok di lokasi perkebunan Bolingongot dengan perwakilan setiap dusun, tanpa ada kegiatan anarkis,” kata Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Kabid Humas mengatakan, kronologis kejadian pasca-pemasangan patok batas wilayah di perkebunan Bolingongot lokasi PT Bulawan Daya Lestari (BDL) oleh masyarakat Desa Toruakat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ini harus dijelaskan.

Penjelasan ini dilakukan, mengingat adanya tudingan miring terhadap kinerja Polres Bolmong dalam pengamanan aksi masyarakat tersebut.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: