Sulap Limbah Sisik Ikan Jadi Aksesoris, UMKM di Manado Raup Omzet Puluhan Juta

Subhan Sabu ยท Minggu, 12 September 2021 - 12:45:00 WITA
Sulap Limbah Sisik Ikan Jadi Aksesoris, UMKM di Manado Raup Omzet Puluhan Juta
Kerajinan tangan dari limbah sisik ikan di Manado yang bisa merup omzet puluhan juta rupiah (Subhan Sabu/MNC Portal)

MANADO, iNews.id - Bagi semua orang, sisik ikan dianggap sebagai sampah. Tak sedikit orang ketika mengolah ikan maka akan membuang bagian sisiknya. Namun, di tangan perajin asal Manado, Sulawesi Utara (Sulut), sisik ikan bisa disulap menjadi aksesoris bernilai tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh Tjahyani, di tangannya, limbah sisik ikan dibuat jadi beragam aksesoris cantik dan menarik. Awalnya Tjahyani mencoba mengumpulkan limbah sisik ikan ini untuk membuat aksesoris yang dipakai oleh dirinya sendiri. 

Tak disangka, kreativitas dari sosok wanita paruh baya ini mampu menjadi barang dengan nilai jual yang tinggi. Banyak tetangga dan teman-temannya menaruh minat dan tertarik pada aksesoris yang dibuatnya itu. 

Melihat respon positif, Tjahyani akhirnya memberanikan diri untuk serius menekuni usaha di bidang kerajinan tangan ini, dan pada 2012 silam dia mulai menjalankan usaha kerajinan tangan yang diberi nama Yanie Handicraft.

"Saya memilih usaha dengan mengolah limbah sisik ikan karena tertarik dengan sisik ikan, khususnya ikan kakap yang ukurannya besar, bentuknya yang bagus dan unik. Ternyata setelah diterapkan untuk dijadikan aksesoris ciri khas sisik ikannya ini menambah cantik khas aksesoris buatan saya,” kata Tjahyani, Minggu (12/9/2021).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: