TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim di Pulau Kinabuhutan

Antara · Senin, 28 Februari 2022 - 10:49:00 WITA
TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksinasi Maritim di Pulau Kinabuhutan
Salah satu kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang dilaksanakan Lantamal VIII Manado, Minggu (27/2/2022). (Foto: Antara/HO-Dispen Lantamal VIII)

MINAHASA UTARA, iNews.id - TNI Angkatan Laut melalui Lantamal VIII Manado kembali melakukan serbuan vaksinasi masyarakat maritim untuk melindungi warga dari penularan Covid-19. Lokasi yang dipilih kali ini di Pulau Kinabuhutan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya mengatakan serbuan vaksinasi Covid-19 Lantamal VIII tidak hanya dilaksanakan di perkotaan tetapi juga di pulau-pulau yang jauh dari kota dan transportasinya minim seperti di Pulau Kinabuhutan.

"Semua ini dilakukan semata-mata untuk memberikan kemudahan serta kesempatan yang sama bagi masyarakat dalam menerima vaksinasi," katanya, Minggu (27/2/2022).

Dia menambahkan vaksinasi yang dilaksanakan ini merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Lantamal VIII dan jajaran menggelar serbuan vaksinasi di beberapa tempat, baik di luar maupun di dalam pangkalan, di antaranya di Pulau Kinabuhutan, Kabupaten Minahasa Utara.

Kemudian di PT Pertamina Kecamatan Maesa Kota Bitung, Gereja Eklesia Kelurahan Bungalawang Kabupaten Kepulauan Sangihe, di Kelurahan Bulotadaa Timur Kota Gorontalo, Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud serta di Tolitoli.

Lalu, di Pulau Kinabuhutan dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII menurunkan dua dokter, vaksinator dan beberapa tenaga kesehatan berhasil memberikan vaksin kepada 168 orang yang terdiri atas sembilan orang menerima dosis pertama, 109 orang menerima dosis kedua dan 50 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Sementara itu dokter, vaksinator dan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung yang menggelar vaksinasi Covid-19 di depan PT Pertamina, Maesa, Kota Bitung, berhasil memberikan vaksin kepada 116 orang, dengan rincian 22 orang menerima dosis pertama, 59 orang dosis kedua dan 35 orang menerima dosis ketiga menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan Moderna.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: