Wali Kota Bitung Harapkan MTQ Bentuk Generasi Cerdas Berbudi Luhur

Antara · Senin, 28 Maret 2022 - 14:18:00 WITA
Wali Kota Bitung Harapkan MTQ Bentuk Generasi Cerdas Berbudi Luhur
Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. (Foto: Antara)

BITUNG, iNews.id - Kota Bitung menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-29 Tahun 2022 MTs Negeri 1. Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengharapkan kegiatan MTQ mampu membentuk generasi muda yang cerdas dan berbudi luhur.

"Kegiatan MTQ tingkat Kota Bitung ke-29 yang digelar di MTs Negeri 1 Kota Bitung diikuti oleh perutusan dari setiap kecamatan," kata Maurits Mantiri di Bitung, Senin (28/3/2022).

Kegiatan tersebut pada tahun ini mengangkat tema "Wujudkan Generasi Quran, Hebat dan Mandiri Menuju Bitung Kota Digital".

Dia mengatakan Al Quran sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa, berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif bagi umat Muslim.

Al Quran, kata dia, mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam mewujudkan ketakwaan dan kebaikan.

“Dalam menjalankan Al Quran, kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW. Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Quran, menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama,” kata Maurits.

Dia mengingatkan pelaksanaan MTQ jangan terjebak pada kegiatan seremonial, akan tetapi peserta harus dapat berlomba menunjukkan kualitas yang terbaik.

Bukan hanya dalam arena MTQ, lanjut dia, tetapi juga berlomba dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi yang terbaik, akhlak dan amalnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: