Wamendag Jerry Sambuaga Minta Konsumen Sulut Cerdas di Era Digitalisasi

Subhan Sabu · Minggu, 07 November 2021 - 10:44:00 WITA
Wamendag Jerry Sambuaga Minta Konsumen Sulut Cerdas di Era Digitalisasi
Wamendag Jerry Sambuaga saat membuka kegiatan pembinaan kebijakan perlindungan konsumen bagi pelaku usaha dengan tema: Konsumen Berdaya Pulihkan Ekonomi Bangsa di Manado. (Foto: MPI/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengajak konsumen di Sulawesi Utara (Sulut) cerdas. Apalagi memasuki era digitalisasi perdagangan, konsumen harus mengetahui hak dan kewajiban serta kritis. 

“Kemendag melalui Dirjen PKTN melakukan berbagai upaya untuk memberikan informasi utuh supaya masyarakat sebagai konsumen menjadi semakin cerdas. Kemendag juga mengajak masyarakat dan konsumen mencintai produk-produk Indonesia dengan membeli produk-produk Indonesia,” tuturnya, Sabtu (6/11/2021).

Jerry Sambuaga juga mengajak pelaku usaha Indonesia mewujudkan iklim perdagangan yang mengedepankan prinsip keadilan. 

“Tujuannya untuk melindungi konsumen sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian melalui pembelian dan penggunaan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hasil karya anak bangsa,” katanya saat membuka kegiatan pembinaan kebijakan perlindungan konsumen bagi pelaku usaha dengan tema: Konsumen Berdaya Pulihkan Ekonomi Bangsa di Manado.

“Konsumen memiliki peran besar dalam perekonomian Indonesia. Kontribusi konsumsi terhadap pertumbuhan nasional sebesar 58,9 persen. Untuk itu, kepentingan konsumen dalam melakukan konsumsi dan aktivitas perdagangan harus menjadi perhatian,” ujar Wamen Jerry.

Sementara itu, dalam laporannya, Direktur Pemberdayaan Konsumen, Ojak Simon Manurung, mengungkapkan, kondisi konsumen Indonesia saat ini diukur melalui pelaksanaan survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK).

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: