Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Minahasa, Tenggara Ascke Benu. (Foto: Antara)
Antara

MINAHASA TENGGARA, iNews.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Minahasa Tenggara menyerahkan laporan penggunaan dana bantuan untuk partai politik (parpol) tahun anggaran 2022. Laporan tersebut diberikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan.

"Semua laporan penggunaan dana Parpol di Minahasa Tenggara sudah kami serahkan kepada BPK," kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Minahasa Tenggara Ascke Benu di Ratahan, Minggu (27/6/2022).

Ia menuturkan setelah laporan penggunaan dana diserahkan, pihak BPK akan melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan dana parpol yang diterima pada tahun 2021.

"Kami tetap menunggu laporan hasil pemeriksaan dari BPK terkait dengan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana parpol ini," ujarnya.

Lebih lanjut kata Ascke, setelah mendapatkan LHP dari BPK pihaknya akan segera merealisasikan penyaluran dana bantuan parpol tahun anggaran 2022.

"LHP ini akan menjadi dasar bagi kami untuk merealisasikan dana ke pihak partai politik," katanya.

Partai politik penerima dana bantuan ini yakni parpol yang memiliki kursi di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) hasi pemilu tahun 2024. yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai NasDem, PKPI, PPP.

Sedangkan perhitungan untuk penerimaan dana yakni, setiap suara sah masing-masing Parpol dihargai Rp9.742.

"Kami harapkan dengan adanya bantuan ini selain untuk menunjang kegiatan partai politik, juga dalam rangka mendukung pendidikan politik bagi masyarakat," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT