Banjir Landa 8 Desa, Pemkab Minahasa Tenggara Minta Sungai di Belang Dinormalisasi 

Antara · Minggu, 10 April 2022 - 09:02:00 WITA
Banjir Landa 8 Desa, Pemkab Minahasa Tenggara Minta Sungai di Belang Dinormalisasi 
Dokumen. Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara, Rabu (6/4). (Foto: Antara)

MINAHASA TENGGARA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut) meminta balai sungai segera menormalisasi Sungai Wowesen di Kecamatan Belang. Permintaan tersebut kembali dilakukan setelah bencana banjir yang melanda delapan desa di wilayah itu.

"Dengan terjadinya banjir di Kecamatan Belang akibat meluapnya Sungai Wowesen, kami minta balai sungai segera menormalisasi sungai," kata Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap di Ratahan, Sabtu (9/4/2022).

Dia mengungkapkan banjir yang merendam delapan desa di Kecamatan Belang akibat meluapnya Sungai Wowesan karena sudah terjadi pendangkalan.

"Karena sudah terjadi pendangkalan sehingga ketika debit air meningkat Sungai Wowesan langsung meluap," ujarnya.

Lebih lanjut, kata James, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara berkeinginan untuk melakukan normalisasi namun dibatasi oleh aturan yang berlaku.

Anggota DPRD Minahasa Tenggara Artly Kountur mengungkapkan, pihaknya telah menyuarakan ke balai sungai di Provinsi Sulawesi Utara untuk segera melakukan normalisasi.

"Kami sebagai wakil rakyat sudah sering menyampaikan aspirasi masyarakat di Minahasa Tenggara untuk dilakukan normalisasi. Akhirnya yang dikhawatirkan saat ini terjadi dengan banjir besar di Belang," ucapnya. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: