Bea Cukai Sulbagtara dan BPS Sulut Bangun Sinergitas Data 

Arther Loupatty · Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:28:00 WITA
Bea Cukai Sulbagtara dan BPS Sulut Bangun Sinergitas Data 
Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara, Erwin Situmorang saa melakukan kunjungan ke BPS Sulut, Senin (18/10/2021). (Foto: Humas)

MANADO, iNews.id - Kakanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara), Erwin Situmorang, melakukan kunjungan ke Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut, Kota Manado, Senin (18/10/2021). Kunjungan dalam rangka membangun sinergitas data dan pengembangan ekonomi daerah.

“Maksud dan tujuan kami adalah untuk koordinasi, saling tukar informasi dan memperkuat sinergi data antara Bea Cukai dengan BPS Sulut,” kata Erwin.

Erwin mengatakan, diperlukan dukungan data yang valid dan terpercaya sehingga dapat diambil keputusan yang tepat dalam mengatasi permasalahan.

Kunjungan ini juga merupakan ajang memperkenalkan diri sebagai pejabat baru Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara.

Kepala BPS Provinsi Sulut, Asim Saputra,  menyambut langsung kunjungan tersebut dan menyampaikan apresiasi atas kunjungan sebagai bentuk komunikasi antar institusi dan kerja sama yang baik selama ini antara pihak BPS  dengan Bea dan Cukai.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak membahas tentang pentingnya sinergi data. Data perdagangan merupakan data strategis yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi dari berbagai pengguna, mulai dari pembuat kebijakan pada instansi pemerintahan dan para analisis pasar untuk prediksi perdagangan terutama ekspor dan impor.

Selain itu, dengan data BPS dapat dibuat peta komoditas ekspor yang bisa digunakan untuk membuat pola perdagangan. 

“Peta ini juga sangat membantu Bea Cukai Sulbagtara dalam mendorong kegiatan ekspor di Provinsi Sulawesi Utara,” kata Asim Saputra.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: