Cuaca Ekstrem di Tomohon, Masyarakat Diminta Waspada Banjir dan Longsor

Antara · Minggu, 24 Juli 2022 - 13:18:00 WITA
Cuaca Ekstrem di Tomohon, Masyarakat Diminta Waspada Banjir dan Longsor
Ilustrasi. Salah satu ikon Kota Tomohon. (Foto: MPI/Cahya Sumirat)

TOMOHON, iNews.id - Masyarakat di Kota Tomohon diminta mewaspadai cuaca ekstrem yang kerap terjadi beberapa hari belakangan ini. Seluruh perangkat desa hingga kecamatan juga diingatkan untuk siaga.

"Masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap perubahan iklim, termasuk kecenderungan cuaca yang terjadi tanpa dapat diprediksi sebelumnya," ajak Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk, Sabtu (23/7/2022).

Masyarakat diajak siaga serta menjaga kelestarian lingkungan sekitar, menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke saluran air atau drainase.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, seluruh perangkat kecamatan dan kelurahan diinstruksikan untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, termasuk lebih peka jika ada kejadian kebencanaan, termasuk peka terhadap laporan-laporan masyarakat," ujarnya.

Selain itu, camat, lurah dan kepala perangkat daerah lebih cepat dan tanggap serta terbuka dengan informasi-informasi masyarakat terkait pelayanan publik apalagi yang bersifat darurat atau emergency.

Selain itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tomohon, Hengky Y Supit menjelaskan soal luapan air ke jalan raya yang terjadi beberapa waktu lalu disebabkan curah hujan dengan volume tinggi dan tidak biasanya, serta terjadi penyumbatan drainase/ gorong-gorong di beberapa titik oleh sampah anorganik.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: