Dipecat, Komisioner Bawaslu Minahasa Utara Rahman Ismail Gugat DKPP

Donald Karouw · Senin, 21 Desember 2020 - 18:34:00 WITA
Dipecat, Komisioner Bawaslu Minahasa Utara Rahman Ismail Gugat DKPP
Ilustrasi hukum. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Komisioner Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara Rahman Ismail akan menggugat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) ke PTUN. Gugatan ini terkait putusan pemecatan dirinya.

Rahman menilai, pemecatannya dalam putusan bernomor 114-PKE-DKPP/X/2020 tertanggal 16 Desember 2020 berlebihan dan cacat serta mencerminkan kesewenang-wenangan anggota DKPP.

“Saya akan mengajukan gugatan untuk meminta pembatalan putusan DKPP. Dalam gugatan tersebut saya akan menyampaikan alasan-alasan agar pengadilan dan publik dapat menerima adanya kecacatan hukum dalam putusan DKPP ini,” ujar Rahman, Senin (21/12/2020).

Menurutnya, cerminan kecacatan dan kesewenang-wenangan itu terlihat dalam putusan yang dibacakan langsung Muhammad, Teguh Prasetyo, Didik Supriyanto dan Ida Budhiati serta disiarkan secara daring melalui tayangan pada media sosial. 

Alih-alih menjadi panutan, sikap dan tindakan teradu justru menimbulkan dampak buruk bagi kehormatan dan martabat penyelenggara pemilu. Dengan demikian dalil aduan pengadu terbukti dan jawaban teradu tidak meyakinkan DKPP. Salinan putusan pemberhentian itu juga dipublikasikan secara luas melalui laman website resmi DKPP.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2