Gorontalo Dukung Pengawasan BBM lewat Aplikasi agar Pembelian Bisa Dikontrol

Antara · Rabu, 30 Maret 2022 - 12:39:00 WITA
Gorontalo Dukung Pengawasan BBM lewat Aplikasi agar Pembelian Bisa Dikontrol
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendukung penuh upaya Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui aplikasi. Dengan aplikasi maka pembelian bisa dikontrol.

Aplikasi yang akan diimplementasikan adalah sebuah sistem informasi pajak kendaraan bermotor, dalam rangka pemantauan penggunaan bahan bakar melalui SPBU.

“Hari Rabu malam saya ketemu salah satu direktur BPH Migas. Mereka menyarankan ada sistem yang akan dibuat di daerah-daerah. Saya langsung minta Gorontalo yang pertama. Yang jelas aplikasi itu bagus sekali, kita sudah mengarah ke digitalisasi yang lebih modern lagi, sehingga mengurangi SDM yang kita gunakan,” kata Rusli di Gorontalo, Senin (28/3/2022).

Ia menjelaskan, cara kerja aplikasi tersebut adalah bekerja dengan menggunakan web service, yang terkoneksi ke aplikasi samsat untuk mendapatkan informasi data kendaraan bermotor.

Dengan demikian operator SPBU mengetahui masa berlaku pajak kendaraan bermotor, serta pemantaun penggunaan bahan bakar bersubsidi tepat sasaran.

“Contohnya ketika mobil yang STNK-nya belum diperpanjang dan sudah habis masa berlakunya, maka pengisian di SPBU itu tidak boleh karena otomatis akan eror. Di situ kan akan dipasang barcode, berdasarkan barcode itu langsung eror karena belum bayar pajak,” katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: