Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kepulauan Sangihe Waspada Banjir dan Longsor

Antara ยท Sabtu, 26 September 2020 - 15:40 WITA
Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kepulauan Sangihe Waspada Banjir dan Longsor
Ilustrasi peringatan wilayah rawan longsor. (foto: ist)

SANGIHE, iNews.id - Warga Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) diminta untuk lebih waspada dengan adanya bencana alam. Pasalnya, wilayah Sangihe saat ini sedang memasuki musim hujan.

"Kami mengingatkan semua masyarakat agar mewaspadai adanya bencana banjir dan longsor di musim hujan seperti saat ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rivo Pudihang, Sabtu (26/9/2020).

Rivo menambahkan, intensitas hujan saat ini cukup tinggi di wilayah kepulauan Sangihe, sebagai daerah yang berbukit ancaman longsor di musim hujan sering terjadi.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan seperti saat ini," kata dia.

Tak hanya itu, kata Rivo, untuk warga yang berada di aliran sungai agar tetap melihat situasi agar terhindar dari bencana banjir.

Rivo juga meminta masyarakat agar segera melapor kepada aparat setempat apabila terjadi bencana atau kecelakaan.

"Informasikan secepatnya kepada aparat setempat bila terjadi bencana atau kecelakaan agar segera dilakukan penanganan oleh petugas," kata dia.

Rivo mengingatkan masyarakat agar tidak menyebar luaskan berita bohong mengenai bencana alam karena akan meresahkan masyarakat.

"Supaya tidak meresahkan masyarakat maka jangan menyebarluaskan informasi atau kejadian yang belum jelas kebenarannya karena dapat menimbulkan keresahan," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto