Lebih Hemat Energi, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Listrik

Oktiani Endarwati ยท Senin, 03 Mei 2021 - 16:36:00 WITA
Lebih Hemat Energi, PLN Ajak Masyarakat Gunakan Kompor Listrik
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Impor gas elpiji Indonesia telah mencapai Rp60 triliun per tahun. PT PLN (Persero) mengajak masyarakat beralih menggunakan kompor listrik untuk mengurangi impor elpiji.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan saat ini masyarakat Indonesia masih mengonsumsi energi yang diimpor, khususnya terkait elpiji yang berimplikasi pada peningkatan impor gas yang nilainya mencapai sekitar Rp60 triliun.

Terkait dengan itu, PLN berkomitmen mendorong penggunaan kompor listrik kepada masyarakat, karena lebih hemat energi dan dapat mengurangi subsidi energi yang membebani APBN.

"Subsidi energi mencapai lebih dari Rp50 triliun per tahun. Sulit untuk memastikan subsidi ini karena banyak masyarakat yang mampu masih menggunakan elpiji bersubsidi," ujar Zulkifli, pada launching Penggunaan Kompor Induksi di Lingkungan Setjen DEN, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Menurut dia, cadangan energi listrik nasional lebih dari 50%, di mana energi yang diproduksi PLN ini dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sehingga bisa menghemat subsidi elpiji.

"Sudah semestinya masyarakat beralih ke kompor induksi listrik. Kita juga melihat berbagai manfaat yang didapat dari penggunaan kompor listrik ini," ujar Zulkifli.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2