Minimalkan Sengketa Pemilu, Bawaslu Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Pengawasan

Antara ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:00:00 WITA
Minimalkan Sengketa Pemilu, Bawaslu Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Pengawasan
Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad (tengah), sebagai salah satu pemateri pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 4 Tahun 2022, tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meningkatkan fungsi pengawasan. Hal itu dilakukan dalam rangka meminimalkan terjadinya sengketa dalam tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

"Kami mengedepankan upaya pencegahan sengketa Pemilu," kata Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad, di Gorontalo, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, ada potensi sengketa terjadi dalam tahapan Pemilu 2024, karena objek sengketa ada dalam Surat Keputusan (SK) dan berita acara (BA) pada proses verifikasi dan penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ada berita acara yang akan dikeluarkan, atau penetapan melalui Surat Keputusan di akhir penetapan partai politik apakah memenuhi syarat atau lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Berita acara yang akan dikeluarkan potensial menjadi objek sengketa oleh peserta atau calon peserta dalam hal ini partai politik yang ingin memperjuangkan.

Sehingga hal itu potensial dapat disengketakan ke Bawaslu. Seperti, pemenuhan syarat-syarat partai politik untuk mendaftar. Jika ada yang tidak memenuhi syarat pasti keluar berita acara tidak memenuhi syarat dan hal itu bisa disengketakan.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: