Minimalkan Sengketa Pemilu, Bawaslu Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Pengawasan

Antara ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:00:00 WITA
Minimalkan Sengketa Pemilu, Bawaslu Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Pengawasan
Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad (tengah), sebagai salah satu pemateri pada Peraturan KPU (PKPU) nomor 4 Tahun 2022, tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD. (Foto: Antara)

Termasuk SK penetapan bahwa parpol memenuhi syarat atau tidak, juga bisa menjadi objek yang disengketakan.

Bawaslu terus meminta agar Peraturan KPU (PKPU) nomor 4 Tahun 2022, tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD agar intensif disosialisasikan.

Untuk meminimalisir potensi sengketa yang dapat muncul. Termasuk telah meminta pihak KPU setempat, untuk terus berkoordinasi dalam setiap tahapan atau kegiatan yang digelar.

"Sebab Bawaslu siap pasang badan untuk selalu mengawasi seluruh tahapan yang berlangsung dalam optimalisasi pengawasan. Artinya, ada alat kerja pengawasan yang akan menceritakan dimana tempatnya, kapan terjadinya, apakah ada dugaan pelanggaran atau potensi," katanya.

Bawaslu dapat menyampaikan rekomendasi untuk perbaikan, baik prosedur atau tata cara atau verifikasi faktual partai politik.

Apalagi setelah diberitahu tidak memenuhi syarat, maka ada waktu 14 hari untuk bisa memperbaiki atau memenuhi. Waktu tersebut diberikan sejak 29 September hingga 12 Oktober sesuai jadwal.

Olehnya, wajib melakukan  pengawasan ketat, khususnya pada verifikasi faktual di daerah ini, terhadap partai politik baru yaitu yang tidak duduk di DPR RI.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: