Misi Dagang Sulawesi Utara dan Jawa Timur Bukukan Transaksi Rp159 Miliar

Lukman Hakim · Jumat, 26 Agustus 2022 - 09:38:00 WITA
Misi Dagang Sulawesi Utara dan Jawa Timur Bukukan Transaksi Rp159 Miliar
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Sulut Steven Kandouw.(Foto: MPI/lukman hakim)

MANADO, iNews.id - Pemprov Jawa Timur (Jatim) menggelar misi dagang dengan Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (25/8/2022). Transaksi  dimulai  pukul 09.00  WITA dengan serangkaian perkenalan pedagang kedua provinsi  serta peragaan busana tenun dan batik dari kedua provinsi. 

Sementara pembukaan dilakukan pada pukul 11.45 WITA dengan ditandai  pemukulan alat musik khas Sulawesi Utara berupa Tambor oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Sulut Steven Kandouw. Delapan jam berikutnya, yakni pukul 18.00 WITA, transaksi ditutup. Tercatat total 40 transaksi dengan nilai mencapai Rp159 miliar.

Dalam misi dagang kali ini, Khofifah membawa 38 pelaku usaha asal Jatim untuk memasarkan hasil usahanya. Antara lain produk tas anyam, produk tile (granit dan keramik), batik tulis, jasa kepelabuhanan, olahan ikan, olahan kopi dan cokelat, beragam  produk holtikultura dan sebagainya.

Sementara dari Sulut menghadirkan sebanyak 100 pelaku usaha yang bergerak diberbagai bidang. Diantaranya, olahan ikan atau frozen food, arang batok kelapa, rempah, produk holtikultura, gula aren,  sarang burung walet dan masih banyak lagi. "Misi dagang ini untuk mengungkit neraca perdagangan dan kerjasama strategis antar daerah. Program ini juga menjadi salah satu harapan bagi daerah untuk mengendalikan laju inflasi," kata Khofifah. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: