Pemerintah Berencana Berlakukan Vaksin Booster Berbayar Tahun Depan

Shelma Rachmahyanti ยท Senin, 15 November 2021 - 16:55:00 WITA
Pemerintah Berencana Berlakukan Vaksin Booster Berbayar Tahun Depan
Pemerintah berencana akan mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster sebagian berbayar di tahun depan, simak bocoran harganya. (foto: dok. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster berbayar akan diberlakukan tahun depan. Pemerintah berencana akan memberlakukan kebijakan itu bila masyarakat yang sudah divaksin dua dosis mencapai 50 persen.

Nantinya, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster secara gratis. Adapun rencananya, pemerintah akan membagi penerima vaksin booster menjadi dua, yakni gratis dan berbayar.

Diketahui, untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster, pemerintah akan menggunakan merek vaksin yang sudah mendapat izin penggunaan darurat serta izin edar di Indonesia. Adapun merek vaksin tersebut mulai dari Sinocav, hingga AstraZeneca.

Melansir Vaccine Market Dashboard dari laman resmi Unicef, Senin (15/11/2021), berikut harga beberapa vaksin yang terdapat di Indonesia dan sejumlah negara lain:

1. Sinovac
Sinovac digunakan mulai dari Brasil hingga Indonesia. Vaksin ini dijual dengan harga yang bervariasi, yakni antara 10 dolar AS sampai 32,52 dolar AS per dosis. Di Indonesia, harganya mulai dari 13,6 dolar AS setara Rp193.000.

2. Sinopharm
Sinopharm digunakan di Kazakhstan, Argentina, Mongolia, Senegal, Argentina, China, Hungaria. Adapun harga termurahnya di Argentina senilai 9 dolar AS setara Rp128.000, sementara harga termahal ada di Hungaria sebesar 36 dolar AS setara Rp512.000.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: