Pemkot Tomohon Usulkan Perpanjangan Penarikan Pinjaman PEN, Ini Penyebabnya

Antara ยท Rabu, 16 Maret 2022 - 17:11:00 WITA
Pemkot Tomohon Usulkan Perpanjangan Penarikan Pinjaman PEN, Ini Penyebabnya
Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk.(Foto: Antara)

TOMOHON, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengusulkan permohonan perpanjangan penarikan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang akan berakhir 31 Maret 2022. Permintaan perpanjangan akibat banyak kendala yang dihadapi hingga proyek belum tuntas.

"Ada beberapa kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana pinjaman PEN sehingga tidak terpenuhinya masa penarikan pinjaman PEN sampai dengan 31 Maret 2022," sebut Wali Kota Caroll JA Senduk di Tomohon, Senin (14/3/2022).

Kendala-kendala tersebut akibat pandemi Covid-19 yang masih berkelanjutan serta curah hujan tinggi.

Wali Kota merinci paket pekerjaan yang bersumber dari pinjaman dana PEN yaitu 13 paket pekerjaan jalan yang dilaksanakan dengan kontrak tahun tunggal sehingga pembayaran di tahun ini melalui mekanisme perubahan peraturan wali kota tentang penjabaran APBD tahun anggaran 2022 yang prosesnya baru selesai pada Maret 2022.

Kondisi curah hujan tinggi di akhir tahun turut mempengaruhi keterlambatan penyelesaian pekerjaan, penetapan pelaksanaan kontrak tahun jamak dengan mempertimbangkan jangka waktu pelaksanaan dan kondisi cuaca yang sudah direview oleh inspektorat, pelaksanaan tendernya dilaksanakan pada bulan November dan Desember.

Pelaksanaan pekerjaan dimulai pada bulan Desember 2021 dan Januari 2022, selesai pada akhir April, Mei dan awal bulan Juni sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan kontrak yang tertuang dalam perjanjian kontrak.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: