PVMBG Masih Pantau Potensi Erupsi Gunung Awu Sulut

Antara ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 16:39:00 WITA
PVMBG Masih Pantau Potensi Erupsi Gunung Awu Sulut
Kondisi Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara yang dipantau PVMBG terkait dengan potensi erupsinya. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM masih memantau potensi erupsi Gunung Awu Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut). Asap masih muncul dari kubah lava Gunung Awu.

"Hingga kini secara visual masih terlihat ada asap yang muncul dari kubah lava, kita pantau secara terus menerus," kata Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Devy Kamil Syahbana melalui sambungan telepon genggam dari Manado, Selasa (24/5/2022).

Munculnya asap di sekitar kubah lava tersebut mengindikasikan ada suplai magma yang naik sehingga potensi erupsi gunung tersebut harus diantisipasi sedini mungkin.

"Status Gunung Awu saat ini masih Siaga Level 3. Memang ada kecenderungan penurunan gempa vulkanik dalam ataupun dangkal, namun belum bisa diambil kesimpulan bahwa aktivitas vulkanik sudah menurun," ujarnya.

Langkah yang terus dilakukan saat ini, kata dia, terus melakukan pemantauan sambil mengimbau masyarakat atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di radius bahaya yang direkomendasikan.

"Kami harap rekomendasi yang diberikan ini dipatuhi masyarakat," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: