Menjadi Hinterland KSPN Likupang-Manado-Bitung, Tomohon Diminta Segera Berbenah

Antara · Minggu, 14 Maret 2021 - 10:24:00 WITA
Menjadi Hinterland KSPN Likupang-Manado-Bitung, Tomohon Diminta Segera Berbenah
Direktur Sungai dan Pantai, Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia bersama Wali kota Tomohon, Caroll J.A. Senduk.(Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Direktur Sungai dan Pantai Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia meminta Kota Tomohon segera berbenah. Kota Tomohon berfungsi sebagai hinterland Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang-Bitung.

"Dilihat dari letak geografis serta berbagai potensi yang ada di dalamnya, Tomohon berfungsi sebagai daerah hinterland bagi salah satu dari 10 KSPN prioritas yaitu KSPN Likupang-Manado-Bitung," ujar Bob di Tomohon, Sabtu, (13/3/2021).

Karena itu, menurut dia, Kota Tomohon perlu segera berbenah terutama dalam hal pengembangan dan pengelolaan potensi yang menjadi leading sektor yaitu pertanian, pariwisata dan jasa.

"Salah satu hal prinsip dalam pengembangan sektor-sektor tersebut adalah ketersediaan air terutama untuk lahan pertanian, objek-objek wisata, restoran, permukiman, dan sektor lainnya," katanya.

Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk pengembangan dan pengelolaan air di Kota Tomohon.

"Kami dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air siap menopang bahkan siap membantu pemerintah Kota Tomohon melalui program-program yang ada di Kementerian PUPR. Tentunya sesuai mekanisme dan prosedur yang ada," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2