Danrem 131 Santiago: Personel Kodim 1309 Manado Siap Siaga Atasi Pandemi Covid-19

Arther Loupatty ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 21:27 WIB
Danrem 131 Santiago: Personel Kodim 1309 Manado Siap Siaga Atasi Pandemi Covid-19
Danrem 131 Santiago Menutup Giat Gladi Posko 1 Di Kodim 1309 Manado (Foto : iNews.id/Arther)

MANADO, iNews.id - Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong optimistis seluruh personel Kodim 1309 Manado yang dipimpin Letkol Inf Yohanes Reymond Raja Sulung Purba siap untuk mengatasi pandemi Covid-19. Optimismenya ini disampaikan saat menutup secara resmi kegiatan latihan posko I bencana nonalam terkait penanganan Covid-19, Kamis (30/7/2020).

Danrem 131 Santiago Tiba di Kodim 1309 Manado
Danrem 131 Santiago Tiba di Kodim 1309 Manado

Brigjen TNI Prince Meyer Putong mengatakan, geladi atau latihan posko I merupakan upaya untuk melatih dan meningkatkan kemampuan seluruh peserta latihan dalam merencanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi situasi dan kondisi yang terjadi di wilayah jajaran Korem 131/Santiago.

“Untuk menanggulangi bencana alam maupun nonalam yang akan terjadi, personel Kodim 1309 Manado melaksanakan latihan ini agar dapat mengintegrasikan semua kemampuan yang dimiliki,” ujar Brigjen TNI Prince Meyer Putong.

Danrem berharap, latihan yang telah dilaksanakan ini dapat memberikan gambaran kepada semua tentang bagaimana prosedur hubungan komandan dan staf, pengendalian operasi serta semua unsur yang terkait. Dengan begitu, semua jajaran dapat berkoordinasi dengan baik dalam memperoleh data dan situasi wilayah atau daerah yang terdampak bencana.

Brigjen Prince Putong menambahkan, selama tiga hari ini, para peserta telah mengikuti Latihan Penanggulangan Bencana Non-Alam dengan penuh semangat serta disiplin yang tinggi. Seluruh rangkaian kegiatan latihan dapat diselesaikan dengan baik.

“Semua ini dapat terlaksana dengan tertib dan lancar, tentunya berkat usaha dan kerja keras dari para peserta sekalian,” ujar Prince Putong.

Danrem menambahkan, dengan berakhirnya latihan ini, para peserta telah memperoleh tambahan bekal ilmu. Walaupun belum dapat dikatakan sempurna, berbagai materi yang telah dilatihkan selama latihan diharapkan dapat membantu pelaksanaan tugas-tugas di masa mendatang.

“Saya berharap agar semua materi yang telah diperoleh dapat diterapkan secara aktual dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, khususnya di saat memberikan operasi bantuan kepada pemerintah daerah,” kata Prince Putong.

Tidak lupa juga Danrem memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena telah menyertai kegiatan tersebut hingga berakhir dengan sangat baik.

Danrem 131 Santiago Foto bersama dengan Wali kota, Dandim 1309 Manado, Kapolres Manado, dan Perwakilan Danlanud Manado
Danrem 131 Santiago Foto bersama dengan Wali kota, Dandim 1309 Manado, Kapolres Manado, dan Perwakilan Danlanud Manado

“Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena telah menyertai kita semua selama tiga hari ini dalam mengikuti pelatihan ini,” kata Prince Putong yang menutup dengan resmi kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali kota Manado Vicky Lumentut, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Yohanes Reymond Raja Sulung Purba, Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Frangky JH Watuseke, Kasiintel Letkol Inf Jeffry A Bojoh.

Kemudian, Kasilog Kolonel Arm Widodo Noercahyo, Kasiops Kolonel Inf Akatoto, Kasiren Kolonel Chb MA Ashari, Dandim Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, dan Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli.


Editor : Arther Loupaty