Momen Lebaran, Jangan Konsumsi Makanan Berlebihan

puti aini yasmin ยท Selasa, 26 April 2022 - 16:11:00 WITA
Momen Lebaran, Jangan Konsumsi Makanan Berlebihan
Makanan di Momen Lebaran

JAKARTA, iNews.id - Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo memberikan tips agar tubuh tetap sehat kala menyantap makanan berlemak, berminyak serta tinggi gula di momen Lebaran. Apa saja?

Menurut Toto hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengendalian diri dalam mengonsumsi makan. Hal ini sama halnya seperti yang dilakukan saat puasa, yakni mengatur kebiasaan makan.

"Saat puasa kita tidak makan selama kurang lebih 12-13 jam. Ini memberikan kesempatan atau memanjakan organ pencernaan untuk beristirahat," ucap dia dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut, Toto memaparkan mengonsumsi makanan secara berlebihan di momen Lebaran bisa memicu munculnya sejumlah penyakit. Hal ini karena tubuh sebenarnya telah dibiasakan berpuasa selama 1 bulan.

Namun, kemudian di momen Lebaran harus mengonsumsi makanan berlemak, bersantan hingga bergula tinggi. Untuk itu, ia membagikan tips agar membatasi porsi makanan dengan makan dalam ukuran kecil tanpa membatasi makanan apa yang dikonsumsi.

"Silakan untuk makan apa saja saat Lebaran, mau lemak, karbohidrat, gula dan lainnya. Namun yang penting secukupnya atau sedikit-sedikit saja," tutur Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: