Pemkab Minahasa Jamin Kesehatan 42.000 Warganya dengan Pengobatan Gratis

Antara · Selasa, 05 Januari 2021 - 18:58:00 WITA
Pemkab Minahasa Jamin Kesehatan 42.000 Warganya dengan Pengobatan Gratis
Bupati Minahasa, Royke Octavian Roring. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menjamin kesehatan 42.000 warganya. Caranya melalui pengobatan gratis di sembilan rumah sakit yang berada di provinsi itu.

"Sebanyak 42.000 warga Minahasa ini akan berobat gratis di sembilan rumah sakit di Sulut," kata Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, di Tondano, Selasa (5/1/2021).

Dia mengatakan ada 42.000 warga Minahasa sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ditanggung pembiayaan kesehatan mereka jika berobat di sembilan rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Pemkab Minahasa.

Sembilan rumah sakit yang dimaksud tersebut masing-masing RSUD Sam Ratulangi Tondano, RSUD Noongan Langowan, RS Budi Setia Langowan, RS Siloam Sonder, RS Bethesda Tomohon, RS Gunung Maria Tomohon, RS Mata Manado, RS Awaloei Tateli dan RSUP Prof. Kandou Manado.

Dijelaskan bupati sebanyak 42.000 warga Minahasa tersebut sesuai DTKS yang ditanggung pembiayaan kesehatan mereka jika berobat di sembilan rumah sakit tersebut. Jumlah tersebut di luar warga yang sudah masuk program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Sulawesi Utara.

Data kepesertaan tersebut yang dalam waktu dekat ini akan diserahkan dan diumumkan di masing-masing desa/kelurahan dan pesertanya akan menerima Kartu Minahasa Sehat. Data itu sendiri sudah dikirimkan Pemkab Minahasa ke sembilan rumah sakit yang bekerja sama dengan mereka.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2